Pengajaran dan Administrasi Perpustakaan SD Negeri Rancagoong

Setelah sekitar seminggu di Desa Tanjungwangi, akhirnya secara resmi kami memperkenalkan diri ke sekolah dasar yang ada di desa. Walaupun sebuah desa, tapi Desa Tanjungwangi memiliki dua sekolah dasar yang cukup baik. Sekolah terdekat adalah SD Negeri Rancagoong yang terletak di Seklok dan sekolah kedua terletak di Sindang yaitu SD Negeri Sindangkerta. Pada awalnya kami berencana melakukan pengajaran di kedua sekolah. Namun, karena masalah transportasi dan jauhnya akses ke SD Negeri Sindangkerta maka pengajaran hanya dilakukan di SD Negeri Rancagoong.

Sekitar pukul tujuh pagi pada tanggal 25 Januari 2011, kami tiba di SD Negeri Rancagoong. Menunggu guru untuk meminta izin dan memperkenalkan diri secara resmi. Bertepatan dengan hari Senin, upacara bendera rutin dilaksanakan. Selesai upacara dilaksanakan kami memperkenalkan diri serta menyampaikan maksud dan tujuan datang ke sekolah.

Kedatangan kami di sekolah diterima dengan senang hati oleh para guru dan murid-murid SD Negeri Rancagoong dan walaupun kedatangan kepala sekolah sedikit terlambat dikarenakan ada keperluan di Kecamatan, maka kami memulai perbincangan dengan para guru. Dan ada satu permintaan yang dikeluarkan oleh salah satu guru yaitu untuk membantu penataan buku di perpustakaan, alasannya karena para guru tidak paham dan belum mendapat pembelajaran mengenai penataan buku untuk perpustakaan. Walaupun kami tidak memiliki ilmu dalam penataan buku perpustakaan, kami menyanggupinya dengan mempelajari buku mengenai tata cara pengaturan penyusunan perpustakaan yang di berikan oleh guru SD Negeri Rancagoong.

Kami sepakat untuk hari pertama membantu pengajaran di kelas-kelas. Pembagian tugas dilakukan dan kami mengajar kelas satu sampai kelas enam. Walaupun tidak tahu bagaimana cara mengajar yang benar dan tepat untuk anak-anak kami semua bersemangat untuk memberikan pelajaran sesuai dengan kurikulum yang ada.

Hari kedua di sekolah kami masih membantu pengajaran dengan pembagian tugas dimana setiap kelas ditangani oleh beberapa orang yang membantu di kelas bersama dengan seorang guru. Karena dirasa tugas mengajar memerlukan banyak waktu dan keterampilan lebih kami memutuskan untuk fokus pada perpustakaan dimana perpustakaaan tersebut sama sekali belum ditata dan diatur.

Hari ketiga dan seterusnya kami membantu administrasi dan penataan buku di perpustakaan. Perpustakaan tersebut terletak di sudut sekolah yang didalamnya terdapat banyak buku yang masih tersimpan rapi didalam kardus. Kami mulai mengatur buku-buku yang ada di perpustakaan dengan mengurutkan per-alfabet. Pada awalnya kami mengalami kesulitan saat melakukan penyusunan, akan tetapi kami mencoba semaksimal mungkin dengan sumber-sumber informasi yang ada dengan membaca literatur buku yang diberikan oleh guru.

Langkah pertama adalah menyusun buku sesuai abjad berdasarkan nama pengarang, yang sebelumnya memisahkan antara buku kategori refrensi, fiksi non-fiksi. Kemudian mencantumkan buku-buku tersebut pada buku induk. Kami juga mem

Dalam waktu yang sangat singkat pengerjaan pun dirasa kurang optimal, selain masalah waktu ketersediaan sarana dan prasana pun sangat kurang, contoh kasus seperti kurang tersedianya rak buku, peralatan untuk administrasi buku, dan tidak adanya kepedulian dari para guru untuk ikut membantu perpustakaan. Sehingga kami hanya membantu sesuai dengan kemampuan dan waktu yang ada.

Sekitar seminggu kami di SD N Rancagoong, pada hari Senin

Dari kunjungan sekitar seminggu ke sekolah ada beberapa manfaat yang kami dapat. Manfaat pertama bagi kami, ini adalah pengalaman baru dimana kami bisa secara langsung ikut merasakan betapa sulitnya mengajar, membimbing adik-adik kami sekolah dasar dan serta rasa hormat kami kepada para guru yang gigih dalam mengamalkan bakti mereka kepada nusa dan bangsa. Manfaat lainnya adalah ketika kami mencoba mengaplikasikan ilmu yang selama ini kami pelajari sampai di bangku perkuliahan kepada murid-murid SDN walaupun dengan segala keterbatasan. Kemudian kami juga membantu penyusunan buku-buku di perpustakaan, dengan harapan cepat dibukanya perpustakaan di SDN Rancagoong agar kedepannya bermanfaat untuk adik-adik kami dan untuk SDNĀ  Rancagoong pada khususnya.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • KKN Unpad 2012

    Kami selaku peserta KKNM Unpad 2012 di Desa Tanjung Wangi, kecamatan Ranca Kalong kota sumedang mempersembahkan sebuah website berisikan tentang catatan agenda kegiatan KKN beserta profil desa dan juga data. Hal ini kami lakukan untuk memenuhi tugas akhir KKN yang diberikan kepada kami.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: