Pertandingan Sepak Bola Antar RW Desa Tanjungwangi

Pada mulanya kami bermain sepak bola di lapangan Desa Tanjungwangi untuk mengisi kegiatan di sore hari. Karena seringnya bermain dan tidak ada pertandingan resmi, kemudian ada permintaan dari para pemuda untuk mengadakan pertandingan sepak bola di Desa Tanj

ungwangi. Usulan itu disampaikan dalam rapat dan disetujui. Akhirnya dibuatlah suatu program kejuaraan sepak bola antar RW di desa.

Kegiatan ini pada awalnya akan dilaksanakan pada tanggal 29 dan 30 Januari 2011, akan tetapi karena adanya larangan bulan yang melarang setiap kegiatan dimulai pada hari Sabtu maka kegiatan ini dimulai dari hari Jumat sampai hari Minggu.

Sebelum pertandingan sepakbola diberlangsungkan, pada tanggal 26 Januari diadakan pertemuandengan perwakilan tiap RW untuk menjelaskan peraturan pertandingan serta pembagian jadwal pertandingan. Pertemuan ini dihadiri oleh perangkat desa, tokoh masyarakat, dan keamanan desa. Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat terlihat dari banyaknya warga yang menghadiri pertemuan dan besarnya keinginan mereka agar kegiatan ini dilaksanakan.

Peserta pertandingan yang awalnya hanya berjumlah 6 tim dari 5 RW dan 1 tim KKNM Unpad bertambah menjadi 11 tim karena adanya usulan untuk mengikutsertakan anak-anak usia sekolah menengah ke bawah.

Persiapan dilakukan dengan pembuatan bagan pertandingan dan kerja bakti untuk membersihkan lapangan desa. Persiapan dilakukan oleh para warga setempat dan mahasiswa KKNM Unpad.

Pada hari pertama saat pembukaan, Bapak Camat dan Bapak Kepala Desa berhalangan untuk hadir dalam pembukaan sehingga langsung dilanjutkan dengan pertandingan pertama dari mahasiswa KKNM Unpad melawan RW 03 dengan hasil 1-1 yang dilanjutkan dengan adu pinalti yang berakhir kemenangan untuk RW 03 dengan hasil 5-4. Setiap pertandingan berlangsung selama 2 x 20 menit. Hari pertama berjalan tanpa adanya keributan.

Pada hari kedua mulai timbul masalah dengan digabungnya peserta anak-anak usia sekolah menengah ke bawah dengan para remaja. Setelah dilakukannya pertimbangan maka diputuskan untuk membagi antara pertandingan anak-anak usia sekolah menengah kebawah dan para remaja. Di hari kedua ini semua pertandingan senior dan junior diselesaikan sampai babak semi-final.

Pada hari ketiga yang merupakan partai final berlangsung dengan cuaca yang tidak mendukung serta wasit yang dihujat oleh para suporter dari tiap RW. Akan tetapi pertandingan dapat terus berlangsung dengan aman dan tertib sehingga muncul juara untuk RW 03 sebagai juara I untuk kategori junior serta RW 02 sebagai juara I yang didampingi oleh RW 01 sebagai juara II. Meskipun RW 01 tidak menjadi juara akan tetapi salah satu pemainnya dinobatkan menjadi pencetak gol terbanyak. Pembagian piala diserahkan oleh sekretaris desa dan koordinator desa. Warga terlihat sangat senang dan berharap kejuaraan seperti ini akan terus berlangsung setiap tahunnya di Desa Tanjungwangi.

Adanya acara ini memberikan manfaat bagi banyak pihak. Untuk warga setempat diharapkan akan adanya kegiatan serupa yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya tanpa adanya keributan serta silaturahmi antar warga desa dapat terjalin dengan baik serta hiburan yang menyenangkan. Untuk mahasiswa KKNM diharapkan dapat menjalin silaturahmi dengan warga desa serta pengalaman dalam mengadakan suatu acara dengan melibatkan banyak pihak baru yang berbeda budaya dan kebiasaan. Bagi perangkat desa, kegiatan ini diharapkan menjadi pemicu untuk mengadakan kegiatan serupa maupun kegiatan lain yang dapat memajukan desa dan menciptakan kehidupan yang aman dan tentram.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • KKN Unpad 2012

    Kami selaku peserta KKNM Unpad 2012 di Desa Tanjung Wangi, kecamatan Ranca Kalong kota sumedang mempersembahkan sebuah website berisikan tentang catatan agenda kegiatan KKN beserta profil desa dan juga data. Hal ini kami lakukan untuk memenuhi tugas akhir KKN yang diberikan kepada kami.

%d bloggers like this: