Pelatihan Penerapan Desa Siaga

Pelatihan Upaya Peningkatan Kesiapsiagaan Terhadap Bencana Melalui Penerapan Desa Siaga merupakan suatu pelatihan yang diadakan sebagai program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Pembimbing Lapangan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) Universitas Padjadajaran di Desa Tanjungwangi, Kecamatan Tanjungmedar, Sumedang. Acara pelatihan yang diadakan oleh Ibu Raini Diah Susanti selaku pembicara ini berlangsung pada tanggal 19 Januari 2012 dari pukul 09.00-12.00 di Gelanggang Olah Raga Kantor Desa Tanjungwangi.

Beberapa hari sebelum pelaksanaan kegiatan, mahasiswa KKNM Desa Tanjungwangi beserta Ibu Raini melakukan pembentukan panitia kecil yang terdiri dari divisi acara, divisi logistik, divisi konsumsi, divisi dokumentasi, penerima tamu, moderator, notulen, serta pembawa acara. Satu hari sebelum acara diadakan juga perisapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan pada saat acara seperti penyusunan tempat duduk peserta, pencekan infokus dan slide, sound system, dsb.

Pelatihan dihadiri oleh 54 orang yang terdiri dari perwakilan kecamatan, aparatur desa, serta warga Desa Tanjungwangi, setiap peserta mendapatkan seminar kit yang berisi hard copy materi, alat tulis, dan snack.

Pada saat pelaksanaan acara, dibahas mengenai bagaimana cara yang paling efektif dan efisien bagi masyarakat Tanjungwangi dalam menanggulangi bencana yang mungkin akan terjadi di lingkungan desa. Materi yang diberikan antara lain penanggulangan bencana melalui penerapan desa siaga, manajemen pos kesehatan desa, survey mawas diri, dan mitigasi bencana dan penanggulangan bencana. Materi tersebut dipaparkan dalam dua sesi yang setiap sesi terdiri dari dua materi. Pemaparan materi berlangsung selama 40 menit per sesi, diikuti dengan Tanya jawab yang berlangsung selama 20 menit per sesi. Setelah materi telah seluruhnya tersampaikan, acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan oleh Ibu Raini kepada Desa Tanjungwangi yang diwakili oleh Kepala Desa Tanjungwangi yaitu Bapak Karma Omeng diikuti dengan pembagian konsumsi kepada peserta.

Hasil kegiatan pelatihan tersebut adalah modul pelatihan yang berisi materi pelatihan, dan pemgembangan:

  1. UKBM
  2. Sistem pengamatan penyakit dan faktor-faktor risiko berbasis masyarakat
  3. Sistem pembiayaan kesehatan berbasis masyarakat

Respon masyarakat dalam mengikuti acara ini cukup baik. Hal ini terbukti dari banyaknya peserta yang menghadiri pelatihan dimana jumlah peserta yang hadir melebihi target awal. Sedangkan partisipasi masyarakat pada saat berlangsungnya kegiatan terlihat kurang antusias. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya pertanyaan yang diajukan oleh peserta pada saat sesi tanya jawab. Namun, secara keseluruhan acara pelatihan berlangsung dengan lancar dan materi yang dipaparkan tersampaikan dengan baik.

Kendala yang dihadapi pada saat pelaksanaan acara antara lain tempat pelaksanaan yang dirasa kurang memadai karena acara diadakan di Gelanggang Olah Raga yang dikondisikan sebagai ruang pertemuan. Kendala lain yang dihadapi adalah sulitnya pembicara menyampaikan materi mengingat bahasa yang digunakan oleh masyarakat Desa Tanjungwangi dalam kehidupan sehari-hari adalah bahasa Sunda sedangkan slide, hard copy materi, dan pemaparan menggunakan bahasa Indonesia. Kendala lain yang dihadapi adalah kurangnya partisipasi masyarakat dalam sesi tanya jawab.

Manfaat pelatihan ini bagi masyarakat antara lain masyarakat desa memeroleh pengetahuan mengenai cara menanggulangi bencana yang mungkin terjadi di lingkungan desa seperti penanggulangan bencana gempa bumi, penanggulangan penyakit hipertensi, rematik, ISPA, batuk pilek, dsb. Selain itu, peserta juga mendapatkan pengetahuan mengenai konsep desa siaga dan bagaimana cara mengembangkan konsep tersebut di lingkungan desa. Bagi mahasiswa, pelatihan ini bermanfaat sebagai sarana untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kedekatan mahasiswa dengan masyarakat desa, DPL, dan dengan sesama mahasiswa peserta KKNM.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • KKN Unpad 2012

    Kami selaku peserta KKNM Unpad 2012 di Desa Tanjung Wangi, kecamatan Ranca Kalong kota sumedang mempersembahkan sebuah website berisikan tentang catatan agenda kegiatan KKN beserta profil desa dan juga data. Hal ini kami lakukan untuk memenuhi tugas akhir KKN yang diberikan kepada kami.

%d bloggers like this: