Penyuluhan Sikat Gigi

Penyuluhan Sikat Gigi merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh peserta Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) Universitas Padjadjaran Desa Tanjungwangi, Kecamatan Tanjungmedar, Sumedang yang dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2012 di Sekolah Dasar Negri Rancagoong, Kecamatan Tanjungmedar. Penyuluhan yang tersebut bertujuan untuk menambah wawasan murid-murid SDN Rancagoong mengenai cara sikat gigi yang baik dan benar, manfaat sikat gigi, serta untuk meningkatkan kesadaran peserta akan pentingnya sikat gigi secara teratur.

Proses pelaksanaan kegiatan tersebut diawali dengan mengadakan pertemuan dengan pihak SDN Rancagoong dan melakukan sosialisasi kegiatan dengan peserta. Beberapa hari sebelum pelaksanaan kegiatan, mahasiswa KKNM Desa Tanjungwangi memilih penanggungjawab acara yang bertugas untuk mengoordinasikan seluruh mahasiswa KKNM dalam melakukan persiapan acara yang meliputi bentuk kegiatan, waktu pelaksanaan kegiatan, hingga peralatan yang dibutuhkan untuk pelaksanaan acara.

Penyuluhan tersebut diikuti oleh seluruh murid SDN Rancagoong yang berjumlah sekitar 126 orang yang terdiri dari murid kelas I hingga kelas VI dimana setiap peserta diwajibkan untuk membawa sikat gigi dan air minum untuk melakukan sikat gigi bersama, pasta gigi disediakan oleh mahasiswa KKNM dan diberikan kepada masing-masing peserta penyuluhan.

Acara diawali dengan pemaparan materi mengenai sikat gigi, yang terdiri dari cara menyikat gigi yang baik dan benar, manfaat sikat gigi, akibat yang akan timbul apabila tidak menyikat gigi secara teratur, serta waktu yang tepat untuk menyikat gigi. Setelah itu, peserta kemudian diajak untuk praktik sikat gigi bersama sesuai dengan cara menyikat gigi yang telah diberitahukan sebelumnya. Hal yang menarik dari acara ini selain melakukan sikat gigi massal, peserta juga diajak untuk menyanyi dan menarikan lagu yang bertemakan kegiatan menyikat gigi agar peserta antusias mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut.

Respon peserta dalam mengikuti penyuluhan sikat gigi ini sangat baik. Hal ini berbanding lurus dengan partisipasi peserta yang sangat antusias pada saat pelaksanaan penyuluhan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta yang mengikuti pelatihan dan peserta sangat gembira ketika menyanyikan dan menarikan lagu yang bertemakan sikat gigi. Antusiasme peserta juga terlihat dari hampir seluruh peserta membawa peralatan yang diwajibkan untuk dibawa.

Kendala yang dihadapi pada saat pelaksanaan acara antara lain tidak adanya pengaturan yang matang mengenai pembuangan air dan sampah pada saat praktik sikat gigi massal. Bagi murid kelas I dan Kelas II terdapat kendala pada saat pemaparan materi di kelas yang disebabkan kurangnya pemahaman peserta mengenai sikat gigi itu senidiri.

Manfaat penyuluhan sikat gigi bagi peserta antara lain bertambahnya pengetahuan peserta mengenai cara menyikat gigi, manfaat sikat gigi, akibat tidak menyikat gigi secara teratur, dan waktu yang tepat untuk menyikat gigi. Bagi mahasiswa, pelatihan ini bermanfaat sebagai sarana untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kedekatan mahasiswa dengan pihak SDN Rancagoong, dan dengan sesama mahasiswa peserta KKNM.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • KKN Unpad 2012

    Kami selaku peserta KKNM Unpad 2012 di Desa Tanjung Wangi, kecamatan Ranca Kalong kota sumedang mempersembahkan sebuah website berisikan tentang catatan agenda kegiatan KKN beserta profil desa dan juga data. Hal ini kami lakukan untuk memenuhi tugas akhir KKN yang diberikan kepada kami.

%d bloggers like this: